Sidekick

Urip mung mampir ngejus

Hoi Buruh tani apa kabar lo? 
Soy Soy, gw bingung kenapa gw bikin tulisan ini. Jadi gini Soy, gw tadinya mau buatin lo video. Waktu kita rafting beberapa anak-anak sebenernya bikin testimoni ngucapin ultah buat lo. Yah tau sendiri gw udah kaya EO ultah di pelatihan kemarin. Tapi karena lo buruh tani gw buatnya gak niat soy :P. Becanda Soy, gw bikinnya niat kaya waktu lo, gw sama Syakur dibantu semua anak PM 3 nginisiasi ultahnya Mel, niat pake banget lah. Sayang keadaan udah beda Soy, sekarang udah di penempatan jadi waktu dan tenaga gw enggak sempet buat nyelesain video ultah lo seniat saat gw dan lo bikin video buat Mel atau Rahma Bebek. Makanya ini kaya permintaan maaf gw.
Anjir ye Soy, enggak nyangka kita udah di penempatan. Ini klise dan tai sih, ketemu lo pertama di Galuh waktu DA, debat di FGD sama lo sama Cici juga, terus dua bulan di pelatihan sama 45 pengajarmuda lain yang gila gw selalu minder kalo lihat mereka, dan hasilnya lo jadi buruh tani. Maksudnya hasilnya lo jadi temen akrab gw. Sampe orang nyangka ada modus. Tapi wajar aja sih Soy, soalnya jujur gw kagum sama lo Soy. Selain Fitut (ah gw kangen didongengin bocah ini) dan Syakur gw selalu kagum sama lo, sangat kagum nyet.
Dari tadinya anak-anak manggil lo Gatya sampai semua manggil lo Gatsoy. Biar kata panggilannya kurang asoy didenger tapi lo orang yang sangat asoy soy. Ada satu momen yang selalu gw inget dan bikin gw makin kagum sama lo Soy. Di malam terakhir sebelum berangkat kita debat sampe jam 12an soal program bersama. Lo bilang gw egois karena mikir pake pikiran gw sendiri soal program. Waktu itu gw yakin anak-anak juga bisa ngelakuin program itu. Lo tetep kekeh anak-anak gak bisa karena mereka belum terbiasa. Gila kita gontok-gontokan abis. Gw gak mau ngalah dan tetep kekeh, lo juga sama aja batunya. Itu pertama kalinya gw ngotot dan pertama kalinya juga lo batu dan nyebelin mampus.
Tapi sekarang gw sadar, waktu itu lo bener. Gw egois banget, mikirin anak-anak make pola pikir gw. Dan lo terbukti bener, penempatan beda banget dengan apa yang kita kira. Jangankan mikirin yang lain-lain, mikirin ngajar aja udah puyeng ye Soy. Nah dari situ gw sadar kalo sifat batu lo kadang ada benernya dan kalo lo lagi batu pasti karena ada alasan khusus. Di titik itu gw juga sadar lo lebih dewasa dari gw Soy, ya iyalah lo lebih tua (mainnya umur).
Itu cuma contoh kecil banyaknya gw belajar sama lo Soy. Pokoknya gw kagum banget sama lo sebagai temen. Anak pelem animasi eh tiba-tiba jadi guru, lo yang biasa minum teh tarik di Jiran sono tiba-tiba di Halsel. Buruh tani eh tiba-tiba jadi guru, meskipun selera musik lo apa ini namanya nih Putumayo ini rada aneh tapi gw tetep kagumlah.
Nah hari ini lo ultah Soy, sebagai temen gw hanya bisa buat tulisan ini Soy. Lo pernah galau gara-gara takut enggak bisa buat sebaik PM sebelumnya. Tapi semua juga ngerasain itu Soy. Lo, gw dan semua anak-anak ngerasain itu. Kita enggak perlu gantiin mereka Soy, kita nerusin mereka, mereka enggak tergantikan di mata anak-anak. Semua orang punya sejarahnya masing-masing. Ayo kita buat sejarah kita sendiri di mata anak-anak. Siapa tahu 20 tahun lagi ada anak murid lo yang bikin pelem animasi ngalahin lo, mungkin aja kan? Dan akan diliput oleh anak murid gw buat majalah musik *mulai sinetronnya*.
Di hari ultah lo ini gw mau lo yakin kalo lo bisa bikin sejarah lo sendiri saat lihat senyum murid-murid. Lihat senyum mereka, tunjukkan pada dunia mereka bisa soy kalo kata PM 1 begitu. Enggak hanya soal murid-murid gw juga doain yang terbaik buat lo. Semoga cita-cita S2 film lo di New York bisa terwujud, semoga lo tahun depan juga bisa nikah, cari cowok yang dewasa Soy biar kalo lo lagi batu dia kagak batu juga (ini gw jadi konsultan jodoh gini), kalo lo nikah undang-undang pokoknye Soy, gw dan Bang Dul siap jadi petugas foto. Dan setiap lo lihat senyum anak-anak murid lo coba deh lo ingat temen-temen PM 3 biar lo enggak ngerasa sendiri, secara fisik kita sendiri tapi ada 46 temen pengajarmuda 3 lain disamping kita Soy.
Sampai jumpa setahun lagi Soy, sampai jumpa di reuni PM 3 (anjrit masih lama ya Nyet, haha). Abis itu silakan lo ke New York dan gw akan keliling Indonesia dan buat buku seperti janji gw. Demi lo gw janji kalo pas keliling negeri ini lo nikah gw langsung puter balik mobil gw dan menuju ke nikahan lo Soy. Selamat ultah pokoknya Soy, sebuah kehormatan dan kebanggaan pernah kenal dengan lo, meski buruh tani tapi lo selalu bikin PM 3 bangga Soy. Rock On Soy!!!

*ditulis sambil dengerin Putumayo. Bangke Soy bagusan juga Nouvelle Vague daripada Putu apalah ini.  Tapi gapapa lah, ini malam ultah lo, rela gw Soy rela ngalah sama lo. Videonya gw kasih waktu lo ultah ke 25 aja Soy (yah jadi enggak kejutan ya? Bodo ah 😛

Advertisements

One thought on “Met Ultah Soy

  1. Gatya Pratiniyata says:

    Dear Ardi the Storyteller Wilda, yang Marmos dan Awe…. wait for it….. Some *anjrit lame* Thanks for the so-called tribute blog post. Hahaha. asli ya tulisan lu panjang bener. Sampe perlu nunggu mood dulu buat bacanya. Baca tulisan lu tuh kaya gw nonton Shawshank Redemption We. Bukan soal ceritanya, tapi gimana gw nunggu mood lama banget buat nonton tu film yang emang durasinya panjang dan slow-pace, yang akhirnya berakhir dengan gw kesel ama diri sendiri kenapa gak nonton tu film dari dulu, soalnya tu film asli BAGUS BANGET.

    Sebenernya gw bingung mau bales gimana We tulisan lu ini. Bukan yang penting banget juga sih kudu pake dibales, Bahahahaa. Tapi emang sekedar thanks doank kayaknya kurang oke.. ya gak sih? Jadi seenggaknya gw pengen bales pake tulisan yang gak kalah dari hatinya dan gak kalah panjangnya. Hahaha. Tp gw bukan pencerita kaya lu We. Otak gw suka menclok sana-sini. Ujung-ujungnya tulisan gw juga jadi pendek-pendek gak fokus. Padahal gw tau kalo buat menyampaikan cerita tuh butuh build up. Tapi buat nulis segini aja gw udah lama banget!

    Jadi ujung-ujungnya gw cuma mau say thanks doank We (tulisan hati gw biarlah menjadi misteri. Hahahhaha). Makasi buat ucapannya, makasi buat tulisannya, makasi buat betapa terbuka dan blak-blakannya diri lu (asli gw salut banget), makasi buat scene-scene modus lu di training (mulai dari yang sweet, yang ngeselin, yang jijik, yang gak jelas, yang jelas lu bikin cerita idup gw tambah seru!), bwt gw lu tuh orang thoughtful yang genuinely care ama temen2.. (satu lagi yang bikin lu awesome), Makasi buat doa-doa nya, AMIN AMIN AMIN!!! Gw juga mendoakan lu sebaliknya semoga mimpi dan cita-cita lu tercapai! AMIN AMIN AMIN!!!

    Sip, sampe ketemu 3 November 2012 ya We. Sehat-sehat lu.. sukur-sukur bisa tambah gemuk dan six pack, tonk leuleus nyak! Samangat!!

    Anyway, Putumayo itu bukan band, tapi album kompilasi lagu lounge. Gw suka Putumayo soalnya musik-nya macem musik buat background film-film. Hehehe, aliran musik gw OST We.. :p

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: