Sidekick

Urip mung mampir ngejus

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya saya selalu membuat postingan ini. Sebuah postingan yang berisi apapun hal terbaik yang saya alami selama satu tahun ke belakang. Dari mulai hal besar sampai hal kecil bahkan tidak penting. Kenapa hanya terbaik yang ditulis? Setidaknya seperti telah saya ungkapkan di postingan semacam ini di tahun sebelumnya, untuk menutup tahun dengan sebuah senyum kebahagiaan.

List yang saya buat disini adalah apa-apa yang terjadi ataupun saya akses di tahun ini. Misalnya lagu terbaik bisa jadi itu merupakan lagu tahun jadul namun saya baru mengaksesnya tahun ini. Jadi list disini sifatnya sangat personal. Tujuannya hanya untuk pengarsipan satu tahun ke belakang ini.

Terbaik, terbaik, terbaik untuk tahun ini jatuh pada:

Momen Terbaik
Pelepasan Pengajar Muda di Bandara Soekarno Hatta

Tahun ini bisa dibilang tahun yang penuh lika liku. Dari mulai lulus kuliah, putus dengan orang yang saya sayangi, saldo di bank menembus limit minimal semua saya alami tahun ini. Dan diantara yang istimewa itu menjadi salah satu Pengajar Muda di Indonesia Mengajar adalah sebuah cerita tersendiri di perjalanan hidup saya. Momen terbaik saya tahun ini terjadi dalam salah satu rangkain program ini.
Tanggal 3 November 2011 kami para pengajar muda angkatan 3 dilepas oleh Pak Anies dan Tim Galuh di Bandara. Banyak orang tak bisa menahan tangis ketika itu. Semua teman dan mentor menangis terharu saat itu. Namun ada satu sosok yang membuat saya menangis terharu di subuh itu. Saya melihat bapak saya menangis. Seumur hidup saya baru pertama kali melihat bapak saya menangis karena apa yang dilakukan anaknya.
Saya menangis kencang karena itu. Melihat bapak saya menangis. Apa yang bisa dibanggakan bapak saya dari anak konyol seperti saya. Di subuh itu di Bandara Soekarno Hatta ia menangis karena saya. Selama ini seperti ada benteng antara saya dengan bapak saya namun Subuh itu kami membuka benteng itu. Kami menangis sebagai anak dan bapak, suatu hal yang sulit saya bayangkan bisa terjadi.

Album Terbaik

OST Submarine (Alex Turner)
NME menempatkan album ini di urutan keenam album terbaik tahun ini. Persetan dengan list NME, buat saya OST Submarine sangat menyantol di kepala saya setahun belakangan ini. Entah kenapa setiap mendengar lagu-lagu di album ini seperti merasa pergi ke negeri antah berantah sendirian. Suara Alex Turner, kesederhanaan bebunyian dan kilatan scene-scene di film Submarine membuat Quite is the new loud ala KOC benar-benar terwujud. Sampai saat ini saya masih menggunakan album ini sebagai pengantar tidur.

Film Terbaik
Super 8

Seperti yang sering saya tulis, saya selalu suka sebuah film yang bicara tentang film. Super 8 adalah sebuah film yang berhasil membuat saya sedikit beromantisme dengan masa kecil saya yang ingin sekali membuat film. Sikap sok tahu tentang film, penasaran ala anak kecil dan hal remeh temeh lain yang kalau diingat rasanya ingin membanting kamera video saya. Semua bisa dirangkum dengan sangat baik oleh Super 8, saya tak pernah bosan menonton film ini.

Lagu Terbaik
Terimakasih Guruku (AFI Junior)

Selama hampir dua bulan pengajar muda selalu menyambut pagi dengan lagu ini. Kadang ketika kami bosan atau frustasi kami sering mendengarkan lagu ini. Lagu sederhana yang sebenarnya secara musik biasa sekali. Namun lagu bukan melulu soal komposisi dan bla bla bla yang kerap jadi bahan nyinyiran kritikus musik. Lagu ini menjadi apik karena sesuai dengan apa yang saya rasakan setahun ini. Ketika saya stress harus mengajar marathon tiga sampai empat kelas hanya lagu ini yang menghibur saya.

Perpisahan Terbaik
Mayda dan Roki mengantar ke Stasiun Tugu

Saya lulus kuliah Bulan Mei 2011 semestinya sebagai mahasiswa rantau saya segera pulang ke Jakarta. Nyatanya saya takut pulang, terlena dengan kehidupan nyaman di Jogja. Sampai pada akhirnya saya harus mengikuti pelatihan intensif menjadi guru di Bogor yang membuat harus benar-benar pulang kandang.
Melepas Jogja adalah sebuah hal yang berat namun ketika yang melepaskan adalah salah dua sahabat terbaik anda rasanya sangat plong. Mayda dan Rocky menemani saya sebelum hijrah ke Jakarta untuk selamanya. Dua teman terbaik semasa kuliah untuk sebuah perpisahan terakhir adalah sebuah kado paling manis dalam perpisahan. Andai saya tidak malu dengan Rocky sebenarnya saya ingin menangis malam itu, sayang saya malas dihina-hina kalau sampai air mata saya menetes. Apapun itu terimakasih untuk perpisahannya May dan Rok.

Tempat Makan Terbaik
LIR

Kata orang yang paling penting dari sebuah rumah makan adalah suasananya. LIR punya suasana yang sulit diberikan tempat makan lain. Sulit menceritakan suasana apa yang dihadirkan LIR. Cobalah sesekali pergi ke LIR saat sore hari dengan teman anda atau sendirian. Semilir angin daerah Baciro, kerinduan anda akan sebuah ruang personal, LIR menghadirkan itu di depan mata anda dengan ramah. Makanan apapun yang anda pesan akan bertambah satu menu tambahan yang sederhana namun kerap dilupakan, senyuman.

Tempat Terbaik
Rumah Daniel

Rumah Daniel adalah sebutan untuk kediaman yang ditempati rekan saya, Daniel Prasetyo. Disini sering muncul Iqbal, Andi, Avis, Bobi, Yogi, dan tentu saja kucing kesayangan kami si Vanda. Tak ada yang lebih menyenangkan dan sampah daripada hadir di rumah ini sampai larut malam. Rumah ini adalah persinggungan saya dengan Jogja untuk terakhir kalinya. Rumah Daniel memberi sebuah ruang tersendiri sebelum saya hijrah dari Jogja.

Buku Terbaik
Arsitektur Yang Lain (Avianti Armand)

Saya tak terlalu banyak membaca buku tahun ini. Namun diantara sedikit yang saya baca buku kumpulan tulisan arsitektur (ini buku arsitektur?) karya Avianti Armand adalah yang terbaik. Buku ini seperti mengajak kita menengok kembali apa-apa yang sebelumnya sudah kita terima sebagai sebuah kewajaran.

Quote terbaik
Siyappppp!

Quote ini datangnya dari Keceng, rekan pengajar muda yang sekarang bertugas di Bengkalis. Siyappppp! Berarti kita harus siap melakukan apapun. Quote ini mengajari keluhan sama sekali tak menyelesaikan masalah. Dengan terus bersiap dirilah satu-satunya kunci untuk menatap masa depan. Siyappppp mas Keceng!

Konser Terbaik
Konser 15 tahun Sheila On 7

Honorable Mention: In The Woods (Risky Summerbee and The Honeyhief)
Seperti halnya buku, saya tak terlalu banyak menonton konser tahun ini. Di awal tahun saya skripsi dan di pertengahan tahun saya sudah masuk ke pelatihan intensif jadi saya memang tak punya waktu untuk menonton konser. Dari sedikit konser yang saya sambangi bagi saya konser 15 tahun Sheila On 7 boleh jadi yang terbaik.
Saya bukan Sheila Gank (sebutan penggemar SO7) namun konser menyambut ultah mereka yang kelimabelas membuat saya belajar banyak hal. Pertama, seorang penggemar akan melakukan apapun untuk idolanya, pergi dari sebrang pulau, muslimah masuk ke club malam dan kegilaan-kegilaan lainnya. Kedua, konsistensi adalah kunci penting keberhasilan sebuah band. Malam itu SO7 seperti membungkam mulut besar saya dan beberapa rekan yang sebelumnya menganggap ini hanya just another concert.

Produk Terbaik
Giant XTC

Idiom lama mengatakan laki-laki hanya mengganti mainannya di waktu kecil dengan sesuatu yang lebih besar. Saya setuju dengan quote itu. Saya menyukai sepeda sejak lama, dulu saya memakai sepeda gunung klasik Cannondale buatan negeri Paman Sam untuk kemudian pindah ke produk lokal Poligon seri Cozmix. Karena kurang puas dengan performanya saya kemudian menggantinya dengan Giant seri XTC. Giant benar-benar menjawab semua impian. Framenya yang besar, kokoh dan terkesan sangar membuat kegiatan bersepeda lebih menyenangkan. Sebelum membeli Giant XTC lebih dari lima kali saya memimpikan memiliki sepeda ini. Yeah sekarang Giant XTC yang saya namakan Aaron sedang dipakai oleh kakak saya di Jakarta karena saya sedang bertugas di daerah. Baik-baiklah kamu Aaron dengan kakak saya.

Inovasi Terbaik 
GO-JEK
GO-JEK adalah layanan ojek profesional di Jakarta. Buat saya orang yang membuat ini brilian, terlalu brilian bahkan. Ah saya berlebihan, tapi jujur saya sangat tertarik dengan inovasi yang dilakukan GO-JEK.

Situs Terbaik 
Rujak.org
Saya selalu senang dengan tulisan-tulisan mengenai tata kota, kaum urban ataupun arsitektur. Plus saya sangat kagum dengan Pak Marco. Rujak memberi jawaban untuk semua kegemaran saya. Artikelnya tentang tata kota begitu sederhana. Jangan membayangkan artikelnya tentang tata kota serasa membaca edaran dari pemerintah daerah. Membaca artikel di rujak seperti mendapatkan tempat duduk di bus transjakarta setelah mengantri lama di terminal Dukuh Atas.

Iklan Terbaik
Indomie Edisi Bapak Nonton Bola 
Saya tak paham iklan namun selalu kagum dengan orang yang bergelut di dunia ini. Sehingga saya sering menonton iklan dan dalam hati kecil hanya berucap kenapa ya ide-ide mereka bisa sesangar itu. Buat saya iklan terbaik tahun ini adalah Indomie versi ini ceritaku yang menceritakan mengenai seorang gadis yang merindukan ditemani ayahnya menonton bola sambil memakan indomie kala kecil dahulu. Pertama melihat iklan ini hati saya bergetar, sumpah saya tidak bohong. Iklan ini sederhana, tapi sangat kuat bagi saya. Seseorang akan mengingat orang kesayangannya bukan karena hal besar seputar orang itu. Melainkan hal-hal kecil seperti dengan tangan apa ia mengupil, apa kebiasaannya saat memesan makan di kantin dan trentu saja makan Indomie saat menonton bola adalah hal personal yang menarik untuk dibagi. Mungkin di mata orang lain iklan ini biasa saja, tapi buat saya ini iklan yang terlalu sayang untuk dianggap biasa saja.

Best Stranger
Kurniadi Widodo

Saya biasa menyapanya Mas Wid. Ia adalah fotografer yang senang dengan street fotografi. Pria yang bergabung dengan Cephas Photo Forum ini menurut saya memiliki selera visual yang sederhana. Selera visualnya menjadi menarik karena sangat sederhana. Untuk apa mendapatkan seorang fotografer dengan selera visual yang mengagumkan di jaman yang terlalu mengagumkan ini. Saat ini kita butuh visual sederhana, dan Mas Wid menjawab itu dengan sangat baik. Secara personal saya mendapat banyak pelajaran dari foto-foto karyanya.

Rencana Terbaik

Tur Ziarah Wali Songo di 2012
Jika anda berpikir mengikuti bus yang berisi THE SIGIT atau Seringai berkorelasi dengan Rock and Roll menurut saya anda salah besar. Saya menemukan sebuah tur yang sangat rock and roll. Tur Ziarah Wali Songo namanya, ini merupakan tur mengunjungi makam-makam Wali Songo dari ujung Jawa bagian barat sampai Pulau Madura. Namanya memang Wali Songo (Sembilan) tapi bukan berarti yang dikunjungi hanya Sembilan makam, total tur ini mengunjungi 31 makam.
Tur ini dilakukan dari Lampung sampai Madura selama seminggu dengan memakan biaya hanya Rp 600.000. Rata-rata usia yang mengikuti tur ini 45-60 tahun. Mereka menginap di bus selama seminggu untuk menghemat biaya. Bagi saya perjalanan rock and roll adalah ikut dalam tur ini. Lupakan ikut tur THE SIGIT atau Seringai, itu tak ada apa-apanya dibanding ziarah Wali Songo ini.Selesai Indonesia Mengajar saya berjanji pada salah satu teman terbaik saya, Jaki, akan mengikuti tur ini.

Itu tadi list apa-apa saja yang terbaik versi saya di tahun 2011. Kata Mas Taufiq Jakartabeat untuk menjadi dewasa seseorang harus melewati masa mendewakan Cobain atau Morrison dan membaca Rimbaud. Saya tak melakukan ketiganya karena saya tak mau dewasa. Tahun ini mengajarkan pada saya bahwa berpikir polos dan liar seperti anak-anak sama sekali tidak salah.
Ini tahun yang sangat berarti bagi saya. Kalau boleh jujur ini adalah tahun dimana saya pernah merasakan berada di titik terendah dan kemudian kembali lagi menemukan jalur yang ingin saya capai. Terimakasih wahai para Terbaik, Terbaik, Terbaik 2011. Tahun ini saya dedikasikan untuk Bapak saya, orang yang selalu berbeda pikiran dengan saya. Halo Pak, Wilda mungkin masih anak-anak tapi terimakasih selalu memberi opini kedua tentang keputusan yang Wilda buat. Rock on Pak!

Advertisements

4 thoughts on “Terbaik, Terbaik, Terbaik #3

  1. salam kenal bang ardi …
    you become person of the day for me_
    thanks
    ^_^

    Like

  2. rocky says:

    @ hanum: he's person of the year 😀

    Elle fanning unyu sekali y kak ardi, hahaha

    Like

  3. Ardi Wilda says:

    @hanum: salam kenal juga hanum, wah pasti di hari itu kamu sedang bakar menyan 😛
    @roki: setuju sekali kakak roki, salah satu alasan pertama nonton itu ya karena ada si elle, ahoy

    Like

  4. Semangat terus mas ardi..Salam kenal 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: