Sidekick

Urip mung mampir ngejus

Vindra, Begawan Sepik Nasional.
“Maaf saya lagi nonton Indonesian Idol,” ujar Vindra Monica saat wartawan Juminten (Jumat Ngindie Tenan) menghubunginya via telegram. Bukan tanpa alasan Vindra Monica menonton ajang pencarian bakat menyanyi tersebut. Sesuai namanya, ia memang masih tetanggaan dengan Agnes Monica. Vindra adalah Kepala RW di rumah Agnes Monica. “Habis ini Agnes mau buat E-KTP makanya saya nungguin dia selesai juri dulu, baru saya bisa diwawancara,” perintahnya pada Toni Sucipto, wartawan Juminten yang menemuinya.
Nama Vindra belakangan ini memang mencuat di kalangan akademisi. Ia terpilih sebagai satu-satunya dosen dengan spesialisasi yang sangat penting dalam kajian interaksi manusia. Minggu lalu Vindra Monica didapuk sebagai dosen Mata Kuliah Pengantar Ilmu Nyepik. “Mahasiswa butuh cinta tak hanya sekedar logika komunikator dan komunikan ala Laswell,” ujarnya sambil merapikan tumpukan berkas-berkas KTP. Kepada Toni Sucipto, ia membeberkan mengenai mata Kuliah Pengantar Ilmu Nyepik, prinsip saat makan kuaci sampai rumus nyepik paling kontemporer. Berikut adalah hasil wawancara intim ditemani berkas-berkas KTP antara Vindra Monica dengan Toni Sucipto khusus untuk pembaca Juminten.

Halo Mas Vindra, sudah makan kuaci hari ini?
Hi there.. Setiap senin, rabu, dan jumat aku puasa makan kuaci. Kata dokter aku harus jaga asam uratku.
Sejak kapan suka makan kuaci sambil senam pagi?
Hmmm.. kamu sok tau deh. Sebenernya aku nggak suka makan kuaci sambil senam pagi, kegiatan olahragaku adalah terjun payung. Itu lebih cocok kalo di-mix sama makan kuaci. Kamu tahu sendiri, kalau senam pagi kita harus gerak terus, tapi kalo terjun payung ada masanya dimana kita diam dan menganggur menuju kita harus release parasit (lamanya tergantung dari ketinggian berapa kita terjun), nah di saat itu kita bisa makan kuaci.
Dengar-dengar kuaci dapat meningkatkan kemampuan nyepik ke perempuan, benar begitu?
Kuaci  adalah makanan (snack ringan) terkecil yang pernah ada. Untuk makannya kita harus penuh konsentrasi, hampir sama kaya kita makan kepiting, hanya saja kalo kepiting kita udah menemukan alat bantunya sementara makan kuaci harus manual. Ini masalah romantisme dimana kuaci nggak akan pernah enak kalo disajikan dalam wujud sudah terkelupas dari kulitnya atau kita makan kuaci dengan alat bantu. Begitu juga dengan nyepik, kita nggak akan pernah menemukan kenikmatan atau keakuratan apabila kita terlalu banyak menggunakan alat bantu. Makan kuaci membantu kita untuk fokus terhadap hal-hal yang kecil tapi romantis.
Ah sampai lupa mau nanya yang serius, belum lama ini anda diangkat menjadi dosen mata kuliah Pengantar Ilmu Sepik, mata kuliah apa itu sebenarnya?
Ilmu Sepik adalah ilmu yang digunakan untuk sebuah pendekatan khusus, sebenarnya adalah basic dari Ilmu Humas. Intinya adalah sebuah ilmu yang berfungsi untuk menumbuhkan hubungan baik, pengertian, dan pemahaman antara gebetor (komunikator) dan gebetan (komunikan), goalnya adalah mendapatkan timbal balik yang diinginkan. Ilmu Sepik berfungsi juga membentuk citra positif untuk diri kita.
  
Mengapa mata kuliah itu penting untuk generasi penerus bangsa?
Sangat penting dan sangat basic. Kita lihat sekarang dari sisi makro, banyak terjadi perpecahan dimana-mana baik yang mengatas namakan suku, kelompok, hingga agama. Itu karena mereka semua nggak dibekali dengan ilmu sepik yang baik sehingga mereka nggak punya pendekatan yang baik pula. Contoh sederhana, kekerasan oleh FPI, nggak ada yang setuju kalau itu merupakan pendekatan yang baik.
Di ranah sosial yang lebih kecil, kehidupan personal misalnya. Ilmu ini sangat berguna. Bagaimana kita bisa menempatkan diri terhadap lingkungan sosial dan (apalagi) pasangan. Banyaknya keluhan jomblo itu akibat dari tidak diajarkannya ilmu ini di pendidikan formal mereka.
Apakah mata kuliah ini dikhususkan bagi mahasiswa yang belum punya pasangan atau untuk semua mahasiswa?
Ilmu ini untuk semua orang. Ini ilmu yang sangat universal, bisa untuk siapa saja. Dari mahasiswa, keluarga, hingga perusahaan. Tapi tidak diperuntukkan untuk tujuan tikung menikung.
Apakah anda juga nyepik mahasiswi anda sendiri?
TIDAK! buat aku pantang untuk nyepik mahasiswi sendiri. Aku bukan dosen komunikasi yang mainstream.
Sebenarnya apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum kita menyepik seseorang yang mau kita gebet?
Pertama kita harus tahu siapa yang akan kita dekati, riset yang baik akan sangat berarti. Jangan sampai kita mengajak makan gudeg padahal dia nggak suka makanan manis. Kedua adalah tampil prima. Jadilah seseorang yang tangguh dan nggak banyak mengeluh. Ketiga, perbanyak membaca. Dengan membaca kita tahu banyak hal, dan kita bisa punya banyak bahan obrolan. Keempat adalah menjadi seseorang. Prioritaskan untuk menjadi diri sendiri, kalo sekiranya dia (gebetan) nggak suka diri kamu, kamu boleh jadi seseorang. Kelima dan yang paling penting adalah Fokus. Dekati satu orang, jangan banyak-banyak. “Too much love will kill you!”
Katanya perempuan yang suka main go bak sodor lebih sulit disepik dibandingkan yang suka main bentengan, kenapa bisa begitu?
Itu mitos, sama kaya mitos nggak boleh makan kuaci sambil main suling. Dengan penguasaan ilmu sepik yang bener, atlit panah perempuan pun bisa kita dekati.
Dalam modul ilmu nyepik anda menuliskan rumus nyepik adalah 4 sepik 5 sempurna, bisa dijelaskan mengenai rumus nyepik ini?
Salah, aku nggak pernah buat teori 4 sepik 5 sempurna. Mungkin yang dimaksud adalah Trisula – Tri (tiga) Sepikan Untuk Pemula yaitu : 1. Ketahui 2. Pahami 3. Dekati
Apa ada olahraga khusus yang bisa meningkatkan kemampuan kita menyepik orang?
Semua olah raga sebenarnya bisa, tapi olah raga yang punya nilai konsentrasi tinggi dan memacu adrenalin labih meningkatkan kemampuan untuk nyepik. Misal terjun payung seperti olah raga yang saya tekuni sekarang.
Misalkan kita sedang mau kenalan sama cewek di tempat cuci motor salju, kasih tips dong nyepik yang ideal di tempat seperti itu?
Pertama, amati dia, perhatikan baik-baik. Perilaku seseorang bisa tercermin melalui pakaian yang dia kenakan, gestur tubuh, hingga aktifitasnya. Lalu tunjukkan sebuah motivasi yang kuat untuk ngajak dia ngobrol. Ini penting, jangan sampai dia merasa diajak ngomong hanya untuk sekedar membuang rasa bosan menunggu. Contoh: Ketika dia menunggu motornya dicuci lalu dia mainan hp-nya, kamu bisa mulai membuka perbincangan dengan “Eh, Mbak.. Ati-ati lho nanti hp-nya kena sabun. Dulu aku pernah kaya gitu.” Teruskan dengan sedikit basa-basi lalu ketika dia sudah merespon teruskanlah dengan berkenalan dan mengajaknya ke sebuah tempat yang enak untuk mengobrol.
Di tengah semester nanti anda dikabarkan akan mengundang tiga dosen tamu, siapa saja mereka? Mengapa mereka yang diundang?
Hugh Hefner, pendiri majalah Playboy. Hingga umur 80-an tahun dia masih sangat menjaga hubungan baik dengan model-modelnya.
Ariel Peterpan, vocalis band Peterpan. Alasannya you know laaah…
Agnes Monica. Bisa bahasa Inggris, cantik, udah go international. Kalo ngomong di Indonesian Idol bikin deg-degan.
Wah sungguh sebuah kebanggan bisa mewawancarai anda, sebelum wawancara ini selesai boleh kasih kata mutiara untuk pembaca setia Juminten yang sedang nyepik di luar sana?
Sepikan yang indah adalah awal sebuah hubungan yang indah.
Pertanyaan terakhir, ada rencana menjadikan Ilmu Sepik sebagai sebuah fakultas tersendiri?
Belum, untuk sementara aku masih sibuk menjadi dosen tamu di beberapa universitas di Eropa Timur, aku nggak mau nanti konsentrasiku kepecah pas aku buat fakultas sendiri. Kasihan mahasiswa-mahasiswaku.


*foto merupakan Dokumentasi Pribadi Vindra Monica dari pameran emoticon yang diadakan @yogamblizh di LIR Shop.
Advertisements

2 thoughts on “Vindra: Indonesia Butuh Sarjana Ilmu Sepik

  1. Aku menyesal dulu gak ambil kelas ilmu mmenyepiknya kak vindra. :'(

    Like

  2. aku lagi seneng baca tulisan awe ki… 😀 kolaborasi sama kak vindra…. 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: